top of page

Harga Saham UNVR (Unilever) Hari Ini, Menarik untuk Disimak!


Harga Saham UNVR

Dalam satu tahun kebelakang, indeks harga saham konsumen non siklikal (IDXNONCYC) menunjukkan pertumbuhan yang cukup signifikan.

IDXNONCYC adalah indeks yang berisi saham-saham yang diterbitkan oleh perusahaan-perusahaan produsen barang konsumen yang kebutuhan dan harganya tidak mudah berubah akibat perubahan musim (siklis).


Tercatat perubahan harga indeks saham ini naik 7,6% dari 688 rupiah pada tanggal 24 Mei 2022 menjadi 740 rupiah pada 24 Mei 2023.


Salah satu konstituen utama indeks ini adalah Unilever (UNVR).


Saham UNVR atau Unilever memiliki nilai kapitalisasi pasar per 24 Januari 2023 mencapai Rp 184 triliun.


Unilever adalah market leader di industri fast moving consumer goods (FMCG).


Namun, sebelum membeli saham UNVR, sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu profil Unilever, apa saja produknya dan berapa harga saham UNVR ini.


Profil Saham Unilever (UNVR)

Logo Unilever atau UNVR
Sumber: Liputan6.com

UNVR adalah salah satu konstituen saham blue chip.


Ini artinya, saham UNVR ini memiliki kondisi fundamental yang cukup baik, sering diperjualbelikan (memiliki likuiditas yang baik) dan memiliki kapitalisasi pasar yang besar.

Tidak hanya itu, saham-saham blue chip biasanya juga diterbitkan oleh perusahaan yang sudah matang dan memiliki sejarah panjang.


Unilever adalah perusahaan FMCG yang didirikan oleh perusahaan sabun asal Inggris, Lever Bersaudara dan perusahaan margarine asal Belanda, Margarine Unie pada tahun 1929.

Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan multinasional yang sudah ada di Indonesia sejak negara ini belum merdeka.

Tepatnya, Unilever sudah membangun pabrik di Cikarang pada tahun 1933.

Produk-produk Unilever terbagi ke dalam 3 lini, yaitu Foods & Refreshments, Home Care, dan Beauty & Personal Care.


Dalam setiap lini produk, Unilever selalu menghadirkan produk yang sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia, seperti Lifebuoy, Sunsilk, Pepsodent, Ice Cream Wall’s dan Magnum, serta Sunlight dan Kecap Bango.



Harga Saham UNVR

Harga Saham UNVR
Sumber: Aplikasi Alpha

Per 23 Juni 2023 harga 1 lot saham UNVR dijual dengan harga Rp 4.270 per lembar.

Ini artinya, kamu membutuhkan uang Rp 427.000 untuk membeli satu lot saham UNVR.


Pernah dijual dengan harga Rp 10.850 per lembar, saham UNVR mengalami bearish trend yang cukup kuat sejak awal tahun 2018.


Puncak penurunan ini terjadi pada pertengahan April 2022 lalu ketika saham UNVR dijual dengan harga Rp 3.400 per lembar.


Sejak saat itu, harga saham perusahaan ini terus mengalami kenaikan hingga menembus Rp 5.050 per lembar sebelum kemudian kembali mengalami penurunan pada Bulan Juli 2022.


Banner Aplikasi Saham Alpha

Sama halnya dengan harga sahamnya, nominal penjualan serta laba Unilever juga menunjukkan fluktuasi dalam 5 tahun terakhir.


Sepanjang tahun 2018-2022, penjualan produk Unilever berkisar antara 39 triliun hingga 42,9 triliun.

Meskipun naik Rp1,7 triliun dibandingkan tingkat penjualan pada tahun 2021, namun pada saat yang sama, laba perusahaan ini mengalami penurunan dari Rp5,7 triliun menjadi Rp5,5 triliun.


Laba pada tahun 2022 ini merupakan tingkat laba terendah Unilever selama 5 tahun terakhir.

Penurunan laba ini utamanya diakibatkan oleh peningkatan biaya penjualan (harga pokok penjualan) dan biaya pemasaran.



Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Saham UNVR

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Saham UNVR

Meskipun termasuk ke dalam saham konsumen non siklis dan defensive stock, bukan berarti harga saham UNVR tidak bisa berfluktuasi.


Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan harga saham perusahaan ini terus berubah:


1. Kondisi Keuangan Perusahaan


Menurut beberapa penelitian, kondisi keuangan perusahaan ini baik ditilik dari penjualan, laba, hingga PER berkontribusi terhadap perubahan harga saham perseroan.

Bahkan, menurut publikasi dari laman Investor.id, penurunan harga saham UNVR pada paruh kedua tahun 2022 lalu disebabkan oleh investor yang kecewa akibat penurunan laba perusahaan ini.

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwasanya perubahan laba ini diakibatkan pembengkakan pada harga pokok penjualan (HPP).


Variabel HPP diperkirakan meningkat karena adanya peningkatan harga bahan baku yang disebabkan oleh inflasi.


Sebenarnya, peningkatan harga bahan baku ini bisa diikuti dengan peningkatan harga jual untuk mempertahankan nominal laba.


Namun, hal ini akan sulit dilakukan pada industri FMCG, sebab industri ini cenderung memiliki profit margin per produk yang kecil, bergantung pada volume penjualan, dan memiliki tingkat persaingan yang ketat.

Peningkatan harga bisa saja membuat pelanggan beralih ke produsen lain.



2. Kondisi Ekonomi Makro


Dalam 3 tahun ke belakang, setidaknya ada dua isu ekonomi makro yang mempengaruhi pergerakan harga saham perusahaan ini.


Dua isu tersebut adalah covid19 dan inflasi pasca pandemi.


Covid19 secara langsung membuat proses bisnis perusahaan, baik dari segi konsumsi maupun produksi terhambat.


Di sisi lain, inflasi atau kenaikan harga barang-barang secara simultan pasca pandemi tidak hanya membuat HPP perusahaan ini meningkat, tetapi juga memperlemah daya beli konsumen.

Maka dari itu, tidak heran jika tingkat penjualan produk perusahaan ini meningkat dari saat covid, tapi belum mencapai level sebelum pandemi berlangsung.


3. Faktor Psikologis Investor


Beberapa ahli juga mengidentifikasi bahwa faktor psikologis dari investor turut ambil andil terhadap penurunan harga saham perusahaan ini.


Dengan kondisi harga saham dan profit yang terus menerus turun dalam 5 tahun terakhir dan dengan fakta jika UNVR adalah perusahaan yang sudah sangat mapan, maka tidak heran jika investor cenderung wait and see mengenai bagaimana kondisi saham dan bisnis perusahaan ini ke depannya.



Cara Beli Saham UNVR

Cara membeli saham UNVR sangat mudah. Kamu hanya perlu membuka aplikasi Alpha Investasi atau kamu bisa sign up terlebih dahulu.


Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka menu portofolio dan cek apakah saldo RDN yang kamu miliki cukup untuk membeli saham kode UNVR ini. Untuk membuka menu portofolio, kamu dapat klik dan masukkan PIN.

  2. Jika sudah cukup, kamu bisa membuka menu order untuk membeli saham ini.

  3. Klik menu PIN di bagian kanan atas.

  4. Klik ok.

  5. Masukkan kode UNVR di bagian “Stock”.

  6. Pada menu harga, kamu bisa memasukkan level harga UNVR yang kamu inginkan.

  7. Masukkan jumlah lot saham UNVR yang kamu inginkan.

  8. Klik send.

  9. Klik submit.

  10. Informasi lengkap mengenai perkembangan transaksi dapat kamu lihat di menu order list dan portofolio.

Subscribe Alpha Edu 

Dapatkan notifikasi update Alpha Edu di email kamu.

Terima kasih sudah join Alpha Edu!

bottom of page