top of page

Saham Alfamart (AMRT): Harga Saham Alfamart, Prospek & Cara Beli Sahamnya


Saham Alfamart (AMRT): Harga Saham Alfamart, Prospek & Cara Beli Sahamnya
Sumber: alfamart.co.id

Salah satu sektor saham yang perlu kamu pertimbangkan untuk dilirik adalah sektor fast moving consumer goods (FMCG). Pasalnya dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa, orang Indonesia tentunya membutuhkan berbagai produk dan jasa perusahaan ini, entah itu sabun mandi, sikat gigi, hingga cemilan.


Bagusnya lagi, biasanya kebutuhan masyarakat ini tidak bergantung pada musim, sehingga dapat dikatakan kalau saham FMCG bisa termasuk saham defensif (defensive stock) karena kondisi saham dan bisnis perusahaan ini relatif tidak dipengaruhi oleh musim maupun kondisi perekonomian.


Diantara sekian banyak saham FMCG, saham Alfamart adalah saham yang banyak dilirik tahun ini. Mengapa demikian? Simak selengkapnya mengenai profil saham alfamart atau AMRT, harga saham Alfamart dan cara beli saham Alfamart berikut ini:


Saham Alfamart (AMRT)

Logo Alfamart
Sumber: alfamart.co.id

Siapa sih yang tidak mengenal Alfamart? Perusahaan yang satu ini bernama lengkap PT. Sumber Alfaria Trijaya. Berdiri pada tahun 1989, perusahaan ini berhasil mengelola 20.798 gerai di seluruh Indonesia pada tahun 2022.


Perkembangan jumlah gerai yang pesat ini tidak mengherankan sebab Alfamart tidak hanya membangun gerai sendiri melainkan juga dengan sistem kemitraan (franchise). Dengan jumlah gerai seba nyak ini, maka tidak heran jika menurut data rt pada tahun 2022 ini juga naik hingga 1.921 gerai yang mana 600 diantaranya merupakan gerai anak perusahaan.


Perkembangan jumlah gerai yang pesat ini tidak mengherankan sebab Alfamart tidak hanya membangun gerai sendiri melainkan juga dengan sistem kemitraan (franchise). Dengan jumlah gerai sebanyak ini, maka tidak heran jika menurut data CNBC, Alfamart menguasai 38% pangsa pasar industri retail di Indonesia pada tahun 2017.



Harga Saham Alfamart (AMRT)

Harga Saham Alfamart AMRT
Sumber: Aplikasi Alpha

Harga 1 lot saham Alfamart (AMRT) per 11 Oktober 2023 tercatat mencapai Rp289.000 atau Rp2.890 per lembar. Dalam periode 5 tahun terakhir, harga saham Alfamart cenderung mengalami peningkatan. Bahkan pada Oktober 2018, saham perusahaan ini masih dijual dengan harga sebesar Rp780 per lembar. Ini artinya jika waktu itu kamu membeli saham ini dan memilikinya hingga kini, setidaknya kamu akan mendapatkan keuntungan lebih dari Rp200.000 per lot.


Banner Aplikasi Saham Online Alpha

Dengan perkembangan saham seperti ini, tidak heran jika saham AMRT merupakan salah satu konstituen indeks saham besar di BEI. Tercatat pada evaluasi mayor Agustus 2023 ini, saham AMRT masuk ke dalam beberapa indeks, seperti indeks IDX30 dan LQ45. Hal ini berarti bahwa saham perusahaan ini memiliki kondisi fundamental saham yang baik, likuiditas yang bagus dan memiliki kapitalisasi pasar yang besar.



Kondisi Keuangan Alfamart

Kondisi Keuangan Alfamart

Faktor keuangan sebuah perusahaan merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh seorang investor, khususnya investor yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang. Sebab, kondisi keuangan perusahaan secara tidak langsung menggambarkan potensi keberlanjutan bisnis perusahaan tersebut.


Secara tahunan, pendapatan dan laba perusahaan ini secara konsisten terus menunjukkan peningkatan dalam 5 tahun terakhir. Pada awal pandemi Covid-19, memang laba usaha perusahaan ini mengalami sedikit penurunan dari Rp1,11 triliun pada tahun 2019 menjadi Rp1,06 triliun pada tahun 2020. Namun, perusahaan ini dapat dengan cepat pulih dan kembali menunjukkan peningkatan laba hingga Rp1,93 triliun pada tahun 2021 dan Rp2,86 triliun pada tahun 2022.


Tidak berhenti di situ, pendapatan dan laba AMRT pada paruh pertama tahun 2023 juga mengalami peningkatan secara YoY. Jika pada Juni 2022 lalu perusahaan ini mencatatkan pendapatan dan laba masing-masing sebesar Rp47 triliun dan Rp1,2 triliun, maka pada Juni 2023 ini nilai ini naik menjadi 53,8 triliun dan Rp1,64 triliun.


Alfamart juga merupakan perusahaan yang terbilang rajin dalam membagikan dividen. Biasanya, dividen ini dibagikan kepada investor pada tengah tahun dan atau akhir tahun sesuai dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham. Terakhir, perusahaan ini tercatat membagikan dividen pada Mei 2023 dengan nominal total 999 miliar rupiah dan nominal per saham sebesar 24,06 rupiah.


Dilansir dari CNBC, kinerja keuangan Alfamart juga menunjukkan keunggulan dibandingkan dengan perusahaan retail lainnya pada Maret 2023. Perusahaan ini tercatat memiliki nilai gross profit margin (GPM) sebesar 21,7%, return on equity (ROE) sebesar 26,1%, return on asset (ROA) sebesar 8,6% dan price to equity ratio (PER) sebesar 34,8%. Hal ini menunjukkan bahwa pada triwulan 1 tahun 2023 ini kinerja AMRT relatif di atas kinerja perusahaan retail lainnya.



Potensi Saham AMRT

Potensi saham alfamart atau AMRT

Secara garis besar, potensi bisnis saham Alfamart terbilang cukup baik. Alasannya adalah banyak area di Indonesia yang belum tercover dengan perusahaan ini. Maka dari itu salah satu rencana strategis AMRT pada tahun 2023 adalah membangun 1.000 gerai tambahan dengan persiapan biaya modal hingga Rp4,4 triliun.


Tidak hanya di Indonesia, 250-300 gerai tambahan ini nantinya akan beroperasi di Filipina. Perlu diketahui bahwasanya sebelumnya PT Sumber Alfaria Trijaya sudah mengoperasikan 1.464 gerai di negara tetangga tersebut. Alasannya adalah karena pasar dan kebiasaan konsumen di Filipina relatif mirip dengan masyarakat Indonesia.


Meskipun belanja modal yang dikeluarkan juga besar (nantinya akan mempengaruhi biaya dan laba), namun perluasan ekspansi gerai ini merupakan potensi besar untuk menambah keuntungan di masa depan. Apalagi dengan adanya potensi pasar luar negeri dan peningkatan ekonomi akibat pemilu, potensi saham AMRT terbilang besar di masa depan.



Cara Membeli Saham AMRT


Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti saat ini, membeli saham Alfamart atau AMRT dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Alpha. Caranya:

  1. Masukkan username dan passwordyang telah kamu daftarkan.

  2. Klik dan masukkan PIN.

  3. Buka menu portofolio dan cek apakah saldo RDN yang kamu miliki cukup untuk membeli saham kode AMRT ini.

  4. Jika sudah cukup, kamu bisa membuka menu order untuk membeli saham ini.

  5. Klik menu PIN di bagian kanan atas.

  6. Klik ok.

  7. Masukkan kode AMRT di bagian “Stock”.

  8. Pada menu harga, kamu bisa memasukkan level harga AMRT yang diinginkan.

  9. Masukkan jumlah lot saham AMRT yang kamu inginkan.

  10. Klik send.

  11. Klik submit.

Tidak hanya AMRT, di aplikasi Alpha kamu juga bisa membeli saham sektor konsumen lainnya, seperti INDF, ICBP, UNVR dan lain-lain. Dapatkan juga informasi mengenai saham apa saja yang termasuk saham defensif dengan terus update artikel edukasi dari Alpha Investasi.



Banner Aplikasi Saham Online Alpha

Comments


Subscribe Alpha Edu 

Dapatkan notifikasi update Alpha Edu di email kamu.

Terima kasih sudah join Alpha Edu!

bottom of page