top of page

Saham ASII: Harga Saham ASII, Analisa Teknikal & Cara Membelinya


Saham ASII
Sumber: Bisnis.com

Tahukah kamu kalau kini kamu bisa memiliki saham Astra Group? Caranya adalah dengan membeli saham perusahaan induk grup ini yaitu PT. Astra International Tbk. Perusahaan konglomerasi ini sudah listing di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1990 dengan kode saham ASII.


Dengan membeli saham perusahaan ini, secara tidak langsung kamu juga memiliki anak usahanya, seperti United Tractor, Astra Agro Lestari dan masih banyak lainnya. Lalu, bagaimana cara membeli saham ASII atau Astra ini? Yuk baca artikel berikut untuk lebih jelasnya mengenai saham ASII, harga saham ASII, cara beli saham nya sampai dengan analisa teknikal saham ASII!


Profil Saham ASII

Profil Saham ASII
Sumber: astra.co.id

Sebelum kamu membeli saham perusahaan ini, sebaiknya kamu perlu tahu terlebih dahulu profil saham ASII. ASII atau PT. Astra International Tbk adalah perusahaan yang didirikan oleh William Soeryadjaya dan saudaranya pada 1957.


PT Astra International Tbk adalah perusahaan konglomerasi. Artinya, bidang usaha perusahaan ini sangat luas. Diperkirakan ASII memiliki lebih dari 200 anak usaha dan beberapa diantaranya sudah listing di BEI (Bursa Efek Indonesia) juga, seperti United Tractor (UNTR) di bidang pertambangan dan perdagangan kendaraan berat dan Astra Agro Lestari (AALI) di bidang perkebunan sawit.


ASII juga memiliki lini bisnis keuangan yang menyediakan layanan keuangan yang bervariasi, seperti FIFGroup dan Toyota Astra Financial Services (TAF) sebagai perusahaan multifinance, aplikasi Maucash sebagai penyedia paylater dan pinjaman konsumsi serta aplikasi Astrapay, sebuah aplikasi dompet digital.


Namun lini bisnis utama perusahaan ini adalah otomotif. Astra dikenal sebagai perusahaan distributor kendaraan bermotor di Indonesia, seperti Toyota, Daihatsu, Honda dan lain sebagainya. Perusahaan ini juga menjalankan bisnis assembly dan jual beli komponen kendaraan bermotor. Seperti bengkel AHASS yang juga merupakan milik Astra Group. Bisa dikatakan bahwa di bidang otomotif, Astra Group menyediakan produk dan layanan yang terintegrasi.


Harga Saham ASII

Harga Saham ASII
Sumber: Aplikasi Alpha

Per 26 September 2023, saham ASII dijual dengan harga Rp 6.200 per lembar atau Rp 620.000 per lot. ASII adalah salah satu saham konstituen indeks LQ45, IDX 30 dan berbagai indeks saham terkemuka lainnya. Ini artinya, saham ini memiliki kondisi fundamental yang baik, likuiditas yang bagus dan kapitalisasi pasar besar. Tercatat pada 1 September 2023, saham ini memiliki nilai kapitalisasi pasar hingga lebih dari Rp 265,17 triliun.


Tidak hanya itu, meskipun nilai Rp 6.250 bukan harga tertinggi saham ini, namun dalam 8 bulan terakhir saham ASII relatif mengalami kenaikan. Di tengah isu inflasi dan resesi pada paruh kedua tahun 2022 lalu, harga saham perusahaan ini memang sempat menurun dari Rp 6.325 ke Rp 5.448 pada awal Januari 2023 ini. Seiring dengan hilangnya isu tersebut ditambah dengan kinerja ASII yang stabil sepanjang tahun, saham perusahaan ini bisa rebound hingga mencapai nilai yang sama pada September 2023.


Banner Aplikasi Saham Alpha

Apabila dilihat dari laba komprehensifnya, laba perusahaan ini pada paruh pertama tahun 2023 memang mengalami penurunan. Tercatat laba PT Astra International Tbk atau ASII ini menurun dari Rp 26,4 triliun pada Juni 2022 menjadi Rp 21,7 triliun pada Juni 2023. Akan tetapi kalau dilihat lebih jeli lagi, penurunan laba perusahaan ini lebih karena adanya penyesuaian nilai investasi di perusahaan-perusahaan lain dan sedikit peningkatan di bagian beban.


Pasalnya, pendapatan ASII sepanjang Januari-Juni 2023 justru mengalami peningkatan. ASII tercatat mengalami peningkatan pendapatan secara YoY dari Rp143 triliun per Juni 2022 menjadi Rp 162 triliun per Juni 2023. Secara kuartalan, pendapatan perusahaan ini naik sebesar Rp 79 triliun yang mana, nilai Rp 79 triliun ini lebih tinggi 10% dibandingkan dengan Juni 2022 lalu.


Analisa Teknikal Saham ASII

Analisa Teknikal Saham ASII

Secara teknikal, per 25 september 2023 harga saham ASII berada di pola sideways dalam jangka panjang (1 tahun terakhir). Sejalan dengan itu, terdapat potensi untuk menguat ke area resistance di level 6,900 dan membentuk pola inverted head & shoulders (bullish pattern). Sejalan dengan itu, kami meyakini penguatan ini dapat terjadi jika harga saham tidak turun di bawah level 5,800.


Namun, kami menyarankan kamu untuk memantau pergerakan saham secara berkala setiap harinya mengingat harga saham bergerak setiap hari. Sehingga pola teknikal harga yang terbentuk hari ini bisa berbeda dengan yang terjadi pada hari berikutnya maupun sebelumnya karena adanya perubahan signifikan.



Cara Membeli Saham ASII


Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti saat ini, membeli saham ASII dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Alpha Investasi. Caranya:

  1. Buka aplikasi Alpha atau daftar akun.

  2. Masukkan username dan password yang telah kamu daftarkan.

  3. Klik dan masukkan PIN.

  4. Buka menu portofolio dan cek apakah saldo RDN yang kamu miliki cukup untuk membeli saham kode ASII ini.

  5. Jika sudah cukup, kamu bisa membuka menu order untuk membeli saham ini.

  6. Klik menu PIN di bagian kanan atas.

  7. Klik ok.

  8. Masukkan kode ASII di bagian “Stock”.

  9. Pada menu harga, kamu bisa memasukkan level harga ASII yang diinginkan.

  10. Masukkan jumlah lot saham ASII yang kamu inginkan.

  11. Klik send.

  12. Klik submit.

Tidak hanya saham ASII, di aplikasi Alpha kamu juga bisa membeli saham Astra Group lainnya, seperti United Tractor, (UNTR), Astra Agro Lestari (AALI), Astra Graphia (ASGR), Astra Otoparts (AUTO), dan ACSET Indonusa (ACST).


Alpha adalah aplikasi saham online praktis yang dimiliki oleh PT Paramitra Alfa Sekuritas, sehingga kamu tidak perlu khawatir soal legalitasnya. Dengan tanpa minimum deposit dan fee broker yang bersaing. Jadi tunggu apa lagi? Gunakan Alpha sekarang juga!


Banner Aplikasi Saham Alpha

Subscribe Alpha Edu 

Dapatkan notifikasi update Alpha Edu di email kamu.

Terima kasih sudah join Alpha Edu!

bottom of page