top of page

Saham BMRI (Bank Mandiri): Harga Saham BMRI, Profil & Analisis


Bank Mandiri

Siapa yang tidak mengenal Bank Mandiri? Perusahaan perbankan milik negara ini merupakan salah satu bank dengan nilai aset terbesar di Indonesia. Tahukah kamu kalau meskipun dimiliki oleh negara, kamu juga bisa menjadi pemilik bank ini. Caranya adalah dengan membeli sahamnya.


Bank Mandiri telah melantai di Bursa Efek Indonesia sejak 14 Juli 2003 dengan kode BMRI. Sejak saat itu, saham bank Mandiri sudah bisa dibeli oleh masyarakat umum melalui berbagai aplikasi investasi, termasuk Alpha.


Kamu ingin memiliki saham BMRI? Simak cara lengkapnya dengan membaca artikel ini hingga selesai.


Profil Saham BMRI

Saham BMRI
Sumber: bankmandiri.co.id

Apabila dibandingkan dengan perusahaan perbankan milik pemerintah lainnya, boleh dibilang kalau usia Bank Mandiri adalah yang paling muda. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1998 sebagai salah satu program restrukturisasi perbankan yang dilakukan oleh pemerintah kala itu. Bank Mandiri adalah hasil dari merger antara 5 bank yang terdampak krisis moneter, yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia, and Bank Pembangunan Indonesia.


Meskipun demikian, bank ini dengan cepat beradaptasi dengan kondisi perekonomian terbaru. Hingga saat ini tercatat BMRI memiliki aset sebesar Rp1.531 triliun per Agustus 2023 dan menjadi salah satu bank dengan nilai aset terbesar di Indonesia.


Produk dan layanan yang diberikan oleh BMRI juga beragam. Mulai dari simpanan individu, deposito hingga layanan perbankan eksklusif dan asuransi juga ada. Bahkan yang terbaru, perusahaan ini mengembangkan aplikasi Livin, dimana di aplikasi ini, masyarakat bisa mengakses semua produk dan layanan BMRI hanya dengan menggunakan satu aplikasi di handphone saja. Termasuk layanan terbaru yang rencananya akan ada di aplikasi ini adalah layanan buy now paylater (BNPL), dimana pengguna bisa membeli barang secara kredit dengan mudah.


Bank Mandiri juga merupakan pemilik saham mayoritas di Bank Syariah Indonesia (BSI). Seperti yang kita ketahui bahwasanya BSI adalah hasil merger antara 3 unit syariah bank-bank BUMN. Tercatat, Mandiri memiliki saham perusahaan ini sebagai 51,47%.



Harga Saham BMRI

Harga Saham BMRI
Sumber: Aplikasi Alpha

Harga saham BMRI per tanggal 11 Oktober 2023 dijual dengan harga Rp6.000 per saham atau Rp600.000 per lot. Salah satu penyebab penurunan harga saham ini adalah pada April tahun 2023 lalu, Bank Mandiri melakukan stock split atau pecah saham dengan rasio 1:2. Ini artinya, jika semula harga 1 lembar saham BMRI adalah Rp10.525 per lembar, pada April lalu harganya menjadi Rp5.250 per lembar.


Namun terlepas dari kebijakan korporasi tersebut, secara garis besar industri perbankan di Indonesia selama beberapa bulan terakhir juga mengalami pelemahan. Hal ini dibuktikan dengan indeks IDX Sector Financials yang juga menaungi Bank Mandiri, tercatat mengalami penurunan selama dalam periode Oktober 2022- Oktober 2023.


Banner Artikel Aplikasi Investasi Saham Alpha

Menurut analis dari tim Alpha Investasi, hal ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

  1. Terdapat penurunan jumlah dana yang ditabung oleh masyarakat pada 3Q23 didorong dari ekonomi yang tidak stabil dan tingkat inflasi yang signifikan.

  2. Persaingan di antara bank untuk meningkatkan jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) dengan cara menaikkan suku bunga tabungan, namun mengurangi potensi pendapatan dari bank tersebut.

  3. Perlambatan pertumbuhan dari laba bank tidak hanya disebabkan oleh potensi penurunan pendapatan, tetapi juga oleh peningkatan biaya termasuk biaya bunga dan biaya operasional Operation expenditure (OPEX). Selain itu, terdapat potensi bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menghentikan relaksasi kredit pada tahun 2024, sehingga bank harus mempertahankan atau bahkan meningkatkan likuiditas cadangan mereka untuk mengatasi risiko yang mungkin timbul akibat kebijakan tersebut.



Analisis Fundamental Saham BMRI

Analisa Fundamental Saham BMRI

Apabila dilihat dari kinerja keuangan perusahaan ini hingga triwulan kedua tahun 2022, tampak bahwasannya kinerja BMRI secara umum terbilang stabil.


Pendapatan bunga, syariah dan premi perusahaan ini naik dari Rp43 triliun pada Juni 2022 menjadi Rp48 triliun pada Juni 2023. Adapun labanya naik Rp5,7 triliun pada saat yang sama, yaitu dari Rp22 triliun menjadi Rp27,7 triliun.


Dilansir dari CNBC, secara garis besar baik penyaluran kredit maupun jumlah dana pihak ketiga (DPK) bank ini sepanjang Januari-Agustus 2023 sebenarnya juga mengalami peningkatan secara YoY. Jumlah penyaluran kredit naik sebesar 12,34% menjadi 996,8 triliun rupiah dan DPK naik 9,76% dalam periode yang sama.


Kinerja yang stabil ini sebenarnya bukan hal yang mengherankan bagi Bank Mandiri. Selaku salah satu bank BUMN terbesar, Bank Mandiri secara konsisten menghadirkan inovasi-inovasi yang menarik. Termasuk diantaranya adalah fitur paylater yang telah disebutkan di atas dan aplikasi KOPRA yang dibuat oleh bank ini untuk menunjang nasabah dari kalangan pebisnis dari hulu ke hilir.


Dari pembahasan di atas setidaknya dapat disimpulkan bahwa meskipun ada potensi perlambatan kinerja di sektor perbankan, namun kinerja Bank Mandiri boleh dibilang cukup stabil. Dengan demikian, penurunan harga saham bank ini bisa kamu artikan sebagai kesempatan untuk membeli saham bank ini dengan harga murah. Namun demikian, tentu saja kamu harus melakukan analisis terlebih dahulu sebelum membelinya.



Cara Beli Saham BMRI


Lakukan analisis dan pembelian saham Bank Mandiri hanya di satu aplikasi menggunakan aplikasi Alpha. Aplikasi Alpha memudahkan kamu untuk membeli saham

BMRI dan saham keuangan lainnya. Caranya adalah:


2. Masukkan username dan password yang telah kamu daftarkan.

3. Klik dan masukkan PIN.

4. Buka menu portofolio dan cek apakah saldo RDN yang kamu miliki cukup untuk membeli saham kode BMRI ini.

5. Jika sudah cukup, kamu bisa membuka menu order untuk membeli saham ini.

6. Klik menu PIN di bagian kanan atas.

7. Klik ok.

8. Masukkan kode BMRI di bagian “Stock”.

9. Pada menu harga, kamu bisa memasukkan level harga BMRI yang diinginkan.

10. Masukkan jumlah lot saham BMRI yang kamu inginkan.

11. Klik send.

12. Klik submit.


Saham sektor keuangan seperti saham BMRI memang merupakan salah satu saham yang menarik untuk dibeli karena nilai kapitalisasinya yang besar. Namun ingat, tetap lakukan analisis yang komprehensif sebelum membeli saham sektor ini.



Banner Aplikasi Investasi Saham Alpha


Comments


Subscribe Alpha Edu 

Dapatkan notifikasi update Alpha Edu di email kamu.

Terima kasih sudah join Alpha Edu!

bottom of page