top of page

Apa Itu Investasi Saham? dan Bagaimana Keuntungannya?

Investasi saham memang sering terdengar dikehidupan kita sehari-hari, namun terkadang kita masih belum mengerti hingga ragu untuk memulainya.


Lalu, sebenarnya apa itu investasi saham?, Bagaimana investasi ini mendapatkan keuntungan?, Yuk simak bersama!


Apa Itu Investasi Saham?

Apa Itu Investasi Saham?

Investasi saham adalah penanaman modal dalam bentuk penyertaan sejumlah dana oleh seseorang atau badan usaha ke sebuah perusahaan sehingga mereka memiliki klaim atas perusahaan tersebut.


Nah, jadi jika kamu membeli saham suatu perusahaan, maka kamu akan menjadi salah satu pemilik dan berhak atas laba perusahaan tersebut. Laba perusahaan yang kamu dapat biasanya disebut dividen. Selain itu, sebagai pemegang saham kamu juga berhak untuk berpartisipasi dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang biasanya diadakan beberapa kali dalam setahun.



Tujuan Investasi Saham

Tujuan Investasi Saham

Setelah mengetahui apa itu investasi saham, sebelum memulai investasi sebaiknya kamu memiliki tujuan terlebih dahulu.


Seperti halnya dalam menjalankan hidup, sebagai investor kamu harus memilki tujuan dalam berinvestasi saham.


Nah, untuk membantu kamu menentukan tujuan dalam investasi saham, berikut adalah poin-poin yang dapat kamu terapkan.


  1. Tujuan investasi saham yang pertama adalah untuk mengembangkan aset atau modal yang kamu punya. Sehingga modal kita bertumbuh seiring dengan berkembangnya perusahaan.

  2. Mendapatkan penghasilan tambahan atau passive income.

  3. Mencari penghasilan jangka panjang.

  4. Modal untuk pengembangan usaha.

Saham Berdasarkan Sektor Perusahaan

Saham Berdasarkan Sektor Perusahaan

Per tanggal 23 September 2022 terdapat 810 perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk dapat diperjualbelikan oleh masyarakat. Secara umum, perusahaan-perusahaan tersebut dibagi lagi ke dalam 12 sektor sebagai berikut :


  1. Energi

  2. Barang baku

  3. Perindustrian

  4. Barang konsumen primer

  5. Barang konsumen non-primer

  6. Kesehatan

  7. Keuangan

  8. Properti & real estate

  9. Teknologi

  10. Infrastruktur

  11. Transportasi & logistic

  12. Produk investasi tercatat

Keuntungan Investasi Saham

Keuntungan Investasi Saham

Investasi saham biasanya memang akan sangat berpengaruh baik pada kondisi finansial kita di masa depan. Menurut Indonesia Stock Exchange, ada dua keuntungan investasi saham yang dapat kamu peroleh jika membeli saham.


Berikut adalah keuntungan dalam investasi saham.


1. Mendapatkan Potensi Capital Gain

Keuntungan investasi saham yang pertama adalah capital gain. Capital gain adalah selisih antara harga jual dan harga beli. Capital gain juga biasanya berasal dari aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder.

2. Mendapatkan Dividen Saham

Keuntungan investasi saham berikutnya adalah dividen. Dividen adalah pembagian keuntungan untuk para investor oleh perusahaan yang juga dihasilkan oleh perusahaan itu sendiri. Dividen yang diberikan oleh perusahaan biasanya diberikan dalam bentuk tunai atau juga dividen saham.

Jika dalam bentuk tunai maka berbentuk jumlah rupiah. Sedangkan, untuk dividen saham investor akan diberikan saham tambahan. Dividen yang didapat juga bisa membuat kamu menghasilkan passive income yang menguntungkan.

Nah, sekarang kamu sudah lebih mengetahui apa itu investasi saham, tujuan serta keuntungannya untuk masa depanmu. Belajar lebih banyak lagi mengenai investasi saham serta tips dan rekomendasi dalam membeli dan menjual saham bersama Alpha.

Melakukan investasi saham juga dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Pembelian saham juga lebih banyak dilakukan secara online dan melalui aplikasi saham. Dimulai dari penjualan hingga pembeliannya. Sehingga tidak akan mengganggu aktivitas kamu.




Subscribe Alpha Edu 

Dapatkan notifikasi update Alpha Edu di email kamu.

Terima kasih sudah join Alpha Edu!

bottom of page